Program Pendidikan Berbasiskan Komunitas Bagi Anak Jalanan

Posted by Ari Widodo Thursday, April 5 0 komentar
Pendidikan Anak Usia Dini dan Rujukan
Kelas Layanan Khusus (KLK)

Selama dua tahun (2009-2010) menjalankan program “Pendidikan bagi Anak tanpa Diskriminasi berbasis Masyarakat” yang didukung penuh oleh TdH Netherland, Yayasan Bahtera secara umum telah mencapai hasil positif dengan keberhasilan menambah jumlah anak jalanan atau rentan turun ke jalan yang mengakses pendidikan sekaligus mencegah dan mengurangi kesempatan mereka turun ke jalan.
Untuk anak jalanan usia dini, 3 sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah terbentuk dan beroperasi di 3 wilayah dan melayani total 165 orang anak usia dini, serta telah mendapatkan izin operasional dari Dinas Pendidikan. Masyarakat sekitar masing-masing PAUD juga terlibat dan secara gradual meningkat kontribusinya sejak tahap awal pembentukan mulai dari penyediaan tempat, tutor kegiatan belajar, hingga ke urusan administrasi dan manajemen PAUD. ke 3 PAUD tersebut memiliki ke-khasan nya masing-masing, selaian peserta didiknya yang mayoritas anak jalanan /anak dari keluarga tidak mampu, serta anak-anak dari korban PHK, PAUD dampingan Yayasan Bahtera menitikberatkan kepada pemenuhan dan perlindungan Hak-hak Anak.
Untuk anak jalanan usia sekolah yang berstatus drop-out atau pendidikan rendah di sejumlah wilayah sasaran, total 91 anak telah dirujuk mengikuti layanan pendidikan layanan khusus (KLK), yaitu kelas khusus bagi anak usia sekolah yang Drop-out dan atau anak jalanan. Jumlah dampingan yang telah dirujuk keKLK terdiri dari 49 anak di tahun 2009 dan 42 anak di tahun 2010 dari 3 wilayah (Sukajadi, Pasirkoja dan Citepus). Dalam prosesnya, tampak adanya peningkatan keterlibatan aktif orangtua, guru dari sekolah penyedia layanan, dan pengurus wilayah tempat tinggal anak dalam membuka kesempatan, menarik, dan mendukung anak untuk mengikuti program pendidikan.
Untuk tahun 20011-Sekarang, aktifitas program pendidikan ini semakin berkembang, dan meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Saat ini, jumlah PAUD telah bertambah menjadi 5 PAUD di 5 wilayah. Penambahan 2 PAUD baru dari tahun sebelumnya merupakan respond dari keinginan masyarakat di wilayah dampingan Yayasn Bahtera. 2 PAUD baru tersebut berada di wilayah Tol Pasteur dan Desa Margahayu Utara Kab. Bandung.
Sedangkan untuk anak jalanan usia sekolah, pada tahun 2011 Yayasan Bahtera telah mengembangkan rujukan. Pada tahun ini, Yayasan Bahtera merujuk pula anak jalanan usia SMP dan SMA. sampai saat ini, jumlah anak yang telah dirujuk ke sekolah formal, baik SD, SMP maupun SMA berjumlah 56 anak.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Program Pendidikan Berbasiskan Komunitas Bagi Anak Jalanan
Ditulis oleh Ari Widodo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ybahtera.blogspot.com/2012/04/program-pendidikan-berbasiskan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Modified by info update | Copyright of ybahtera.