Program Pencegahan HIV-AIDS

Posted by Wahyuna Wednesday, January 18 0 komentar
Yayasan Bahtera adalah salah satu LSM yang mengembangkan program kegiatan ke arah pencegahan HIV-AIDS dengan titik masuk pada kelompok sasaran pengguna Narkoba Suntik di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Pendekatan program yang dimaksud adalah kegiatan peningkatan pengetahuan tentang HIV-AIDS, bahaya dan resiko penularan yang disebabkan oleh perilaku pemakaian satu jarum suntik oleh beberapa orang. Di samping program tersebut dikembangkan juga kegiatan Care and Support bagi ODHA dan IDUs sesuai dengan kebutuhan dan diarahkan kepada pelayanan program yang komprehensif bagi kelompok dampingan.


Disadari bahwa program pencegahan HIV-AIDS yang kami lakukan ini tidak akan efektif tanpa dukungan dan kerjasama serta pemahaman yang sama terhadap tujuan pencegahan dari semua pihak/elemen masyarakat secara luas, yaitu Depkes, Kepolisian, LSM-LSM, RS Ketergantungan Obat, Tokoh Masyarakat dan lain-lain.

Berikut adalah agenda kegiatan dalam Pencegahan HIV-AIDS Yayasan Bahtera:
  • Penjangkauan terhadap IDUs, pasangan seks IDUs dan warga binaan di 3 Lembaga pemasyarakatan (LAPAS Banceuy, LAPAS Sukamiskin dan LAPAS Sumedang)
  • Konseling adiksi dan Voluntary konseling test (VCT)
  • Manajemen kasus
  • Pendistribusian material pencegahan seperti kondom, jarum steril dan KIE
  • Peningkatan kapasitas stakeholder
  • Diskusi dengan IDUs dan pasangan IDUs

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Program Pencegahan HIV-AIDS
Ditulis oleh Wahyuna
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://ybahtera.blogspot.com/2012/01/program-pencegahan-hiv-aids.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Modified by info update | Copyright of ybahtera.